Kotor Lalu Bersuci


ilustrasi“Kenapa kitab ini dimulai dari bab adab buang hajat? Padahal kitab-kitab fiqih pada umumnya dimulai dengan kitab thaharah?” tanya Ustadz Agus Andriyanto dalam sebuah pelajaran di Masjid Istiqamah Pesantren Asy-Syifa’ Bambanglipuro 6 tahun silam.

“Siapa yang tahu?”

Pertanyaan itu mungkin sedikit banyak memberi beban pada hadirin yang ada. Pasalnya masa-masa UN itu sudah lebih dari cukup meletihkan otak dan menyerap banyak energi. Walaupaun sudah selesai sekalipun, letih itu belum beranjak lenyap. Masih saja terbayang. Tentu saja ada juga sebagian siswa yang sudah kembali bugar berfikir memulai lembaran hidup lebih anyar.

Suasana hening hadirin masih berlangsung. Masing-masing orang berusaha keras berfikir mencari jawabannya. Minimal pura-pura berfikir meski tak faham betul apa maksudnya.

Memang betul. Mayoritas kitab fiqih, terutama kitab fiqih yang banyak dijumpai di sini, di negeri madzhab Syafi’i, semuanya diawali dengan pembahasan thaharah. Kitab faforit siswa, Minhajul Muslim, pun ketika sampai pembahasan fiqih dimulai dengan bab thaharah lantas diiringi pembahasan bab shalat. Karena, menurut penjelasn kitab-kitab itu, shalat tidak akan pernah sah melainkan jika sudah ada thaharah. Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- sendiri pernah berkata, “Shalat kalian tidak akan Allah terima jika tanpa ada thaharah.”

Lebih dari itu, bahkan Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz pernah menyatakan bahwa orang yang dengan sengaja melakukan shalat tanpa thahahrah, dihukumi kufur lantaran hal tersebut masuk dalam kategori istihza’.

Baiklah. Karena tidak ada yang angkat suara pun. Aku berpura-pura berfikir dan mencoba menjawab, “Sebab orang sebelum melakukan bersuci dan berthaharah biasanya berhadats dulu. Jadilah yang didahulukan di sini adab istinjak yang tentu ada hadats di situ, barulah kemudian bersuci untuk menghilangkan hadats.”

“Benar!”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s