Pengorbanan Al-Bukhari dalam Berkhidmat Untuk Islam


Bukhari(Diterjemahkan dari tulisan singkat guru kami, Dr. Muhammad Al-‘Ajuz, guru besar hadits Universitas Al-Azhar)

Di masa pengembaraan mencari ilmu, aktifitas berjalan di malam hari yang gelap gulita dengan berjalan kaki, atau berkelana di siang hari di bawah panasnya sinar matahari, melintasi bebatuan yang begitu tajam nun terjal sehingga kerap sekali sandal terputus dan darah mengalir dari kaki-kaki para ulama. Hal ini mereka lakukan sebagai bentuk khidmat mereka terhadap agama.

Perjalanan Ilmiah Imam Al-Bukhari

Imam Al-Bukhari telah banyak melakukan perjalanan ilmiah guna mengambil ilmu dari para ulama dan meriwayatkan hadits dari para pakar hadits. Beliau telah mengunjungi sebagian besar negeri dan kota Islam di masa itu dengan tujuan mendengarkan hadits dari para ulama setempat.

Al-Bukhari mengawali belajarnya di kampungnya, Bukhara, setelah kelulusannya dari Kuttab (madarash kanak-kanak). Di sini ia mendengar hadits dari ulama lokalnya. Kemudian ia memperluas perjalanannya sehingga membuatnya harus mengadakan perjalanan ke berbagai negeri tetangga dengan tujuan yang sama. Beliau melawat ke Balkh, Marwa, Ray, Harah, dan Naesabur. Kali pertama ia menginjakkan kakinya di Naesabur saat umurnya masih menginjak 15 tahun.

Al-Hakim An-Naisaburi menuturkan, “Pertama kali Al-Bukhari mendatangi Naisabur pada tahun 209 H. Sedangkan kali akhirnya pada tahun 250 H. Di situ ia menetap selama 5 tahun menyampaikan hadits secara berkesinambungan.”

Berikutnya, Al-Bukhari melawat ke Hijaz. Ia memasuki Makkah, kemudian Madinah dan menetap di sini beberapa lama. Selanjutnya ia bertolak ke berbagai kota sampai jejak perjalanannya meliputi mayoritas negeri Islam di masanya. Ia berjalan menuju ‘Iraq, memasuki Baghdad, Wasith, Kufah, dan Bashrah. Sedangkan di Syam, ia berhasil meninjakkan kainya di Damaskus, Homs, Qaisariyah, ‘Asqalan (Palestina), sebagaimana pula ia melawat ke Mesir.

Al-Khathib Al-Baghdadi menjelaskan, “Al-Bukhari mengadakan perjalanan dalam rangka menimba ilmu ke seluruh negeri pakar hadits. Ia mengarang di Khurasan, gunung-gunung, berbagai kota ‘Iraq, Hijaz, Syam, dan Mesir.”

Al-Bukhari sendiri menceritakan, “Aku menginjakkan kaki di Baghdad selama delapan kali. Setiap itu pula aku mendatangi majelis Ahmad bin Hanbal. Di akhir kalinya beliau berpesan padaku, ‘Wahai Abu ‘Abdillah (sapaan akrab Al-Bukhari), kau tinggalkan ilmu dan orang-orang dan malah ke Khurasan?!”

Al-Bukhari juga menuturkan, “Aku telah berjumpa lebih dari 1000 guru dari kalangan penduduk Hijaz, Makkah, Madinah, Kufah, Basrah, Wasith, Baghdad, Syam, dan Mesir. Aku jumpai mereka berkali-kali dari abad ke abad, dari masa ke masa. Aku jumpai mereka bertebaran selama lebih dari 46 tahun. Penduduk Syam, Mesir, dan Jazirah sebanyak dua kali. Sedangkan di Bashrah aku jumpai mereka berulang kali dalam rentang beberapa tahun lamanya. Di Hijaz sendri selama 6 tahun. Sedangkan di Kufah dan Baghdad, aku tak lagi sanggup menghitung berapa kali.

Salah satu buah manis jerih payah Imam Al-Bukhari

Salah satu buah manis jerih payah Imam Al-Bukhari

Al-Bukhari menjadwalkan berangkat ke Yaman untuk mendengar hadits dari ‘Abdurrazzaq Ash-Shan’ani, namun Allah belum menghendaki.

Abul Fadhl Muhammad bin Tahir Al-Maqdisi mengatakan, “Al-Bukhari mendatangi Baghdad pada tahun 210 H. Ia berniat mendatangi ‘Abdurrazzaq di Yaman, namun ia justru berjumpa Yahya bin Ja’far Al-Baikindi yang mengabarkan bahwa ‘Abdurrazzaq telah meninggal. Di hari kemudian ia baru tahu bahwa ternyata ‘Abdurrazzaq belum meningggal. Al-Bukhari pun hanya berkesempatan mendengarkan hadits ‘Abdurrazzaq, dari Yahya bin Ja’far.”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s