Memasang Atribut Dakwah, Mengapa Tidak?


RADIO RADIO SUNNAH INDONESIATidak berapa lama tadi saya mendengar dari beberpa teman bahwa salah seorang ulama besar kubu Ahlussunnah wal Jama’ah yang disegani semua orang mengeluarkan pernyataan yang cukup kontroversi. Pernyataan itu ialah melarang setiker atau atribut-atribut yang berhubungan dengan Rodja. Alasannya karena hal tersebut bisa menjadi sebab adanya sikap ghukuw, berlebihan, terhadap lembaga dakwah tersebut. Juga, beliau mengatakan bahwa semestinya dakwah itu tidak melulu melalui Rodja. Sehingga jika stiker yang dipasang hanya yang berbau Rodja terasa dakwah begitu sempit dan membatasi.

Di sini, penulis hendak mengeluarkan uneg-uneg dalam hati yang penulis pandang layak direkam pada kesempatan kali ini. Mengenai pernyataan di atas, penulis pribadi beranggapan tidak selamanya tepat. orang-orang yang suka memasang stiker yang berbau Rodja itu tidak bisa disalahkan begitu saja. Sebab menurut hemat penulis, tindakan tersebut justru seharusnya diapresiasi dan didukung. Karena dengan memasang stiker semacam itu akan membuat orang yang melihatnya akan bertanya-tanya apa sih sejatinya di balik stiker itu. Memang ada ya stasiun televisi dan radio yang bernama Rodja? Pertanyaan penasaran tersebut tentu saja sedikit banyak akan berpengaruh pada orang yang kali pertama melihat atribut semacam itu. penulis yakin, suatu saat nanti, entah kapan waktunya, orang tersebut akan benar-benar berusaha mencari saluran tv dan radio yang telah membuatnya penasaran. Dengan demikian, ia akan bersentuhan dengan dakwah sunnah.

Kita tahu, semua orang dituntut untuk melakukan amar makruf nahi mungkar dan dakwah semampunya mengingat banyak orang yang sama sekali belum tersentuh dakwah Ahlussunnah wal Jama’ah. Sedangkan kemampuan dakwah masing-masing orang pun berbeda-beda. Ada yang hanya bisa mengirim pesan nasehat via media social, semacam facebook, twitter, instagram, dan seterusnya. Ada pula yang hanya bisa mengirim pesan ayat melalui SMS, WA, BBM, dan beberapa media komunikasi modern lainnya. Tentu saja menggunakan sarana-sarana semacam ini untuk kepentingan dakwah bukanlah sesuatu yang terlarang. Justru sangat dianjurkan. Terlebih di masa sekarang di saat semua orang tidak lagi mampu terlepas dari apa yang disebut dengan internet dan HP.

Oleh karena itu, termasuk sarana dakwah yang mungkin bisa dilakukan ialah dengan memasang stiker dan atribut-atribut dakwah semacam Rodja dan media dakwah lainnya. Sejujurnya penulis tidak sedang berfokus membahas atribut Rodja saja, namun penulis berusaha membicarakan segala hal yang berkaitan dengan atribut dakwah terutama media elektronik. Jadi dengan memasang stiker-stiker semacam itu jelas manfaat dan maslahatnya. Tentu saja dengan tetap menjauhi sikap ghulu pada masing-masing atribut dakwah sehingga tidak semena-mena menyalahkan temannya yang tidak ikut memasang stiker dakwah.

Namun di sini juga perlu dicatat bahwa dakwah Ahlussunnah wal Jama’ah tidak bisa diidentikkan dengan Rodja sehingga jangan sampai timbul anggapan, jika ada ustadz yang tidak pernah muncul di Rodja dianggap sebagai ustadz yang belum berkompeten atau manhajnya layak dipertanyakan. Tidak! Tidak demekian. Bahkan ustadz-ustadz yang kerap muncul di Rodja hanyalah segelinitir ustadz Ahlussunnah wal Jama’ah di Indonesia. Di luar sana masih banyak ustadz yang memiliki kemampuan dan keilmuan seperti yang dimiliki ustadz-ustadz Rodja. Hanya saja mungkin mereka kurang terekpos di ruang publik sehingga sedikit yang mengetahuinya atau ketawadhuannya yang membuatnya seakan tak terlihat menonjol dibanding yang lainnya.

Terakhir, tulisan ini tidak bermaksud kurang adab dengan ustadz yang penulis singgung di muka. Ini hanya sebuah pendapat pribadi penulis. Walaupun demikian, sealim apa pun seseorang, sebagai Ahlussunnah kita tentu berkeyakinan beliau bukanlah insan yang maksum tak ternah berbuat salah dan keliru. Wallahua’lam.

Iklan

2 responses to “Memasang Atribut Dakwah, Mengapa Tidak?

  1. Ping-balik: Memasang Atribut Dakwah, Mengapa Tidak? | Mauhub™·

  2. Ping-balik: Halaman tidak ditemukan | Mauhub™·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s