Hati-hati Memilih Cetakan Buku!


book1

Beberapa hari yang lalu ketika tengah berlangsung pelajaran tafsir, saya mengajukan sebuah pertanyaan tentang apakah termasuk penting bagi seorang pelajar memperhatikan cetakan sebuah kitab yang akan dipelajarinya. Di Indonesia sendiri kita sulit menjumpai banyak kitab, apalagi sampai mencari mana yang paling bagus cetakannya.

Syaikh Dr. Muhammad Shafa bin Syaikh Ibrahim Haqqi menjawab bahwa memperhatikan macam-macam cetakan termasuk perkara penting. Kemudian beliau meriwayatkan sebuah kisah tentang seseorang yang jauh dari dunia intelektual namun memberanikan diri mentahqiq sebuah kitab karya Imam Al-Qurthubi bertajuk At-Tadzkirah. Sebagaimana diketahui, di antara pekerjaan muhaqqiq adalah mentakhrij semua nukilan dan menisbatkannya ke masing-masing tempat. Jika penulis membawakan sebuah ayat, pentahqiq akan memberi catatan surat apa dan ayat berapa. Jika penulis membawakan hadits atau atsar, pentahqiq akan menyebutkan di mana hadits tersebut di ambil dan bagaimana derajatnya.

Namun, tahukah Anda apa yang dilakukan pentahqiq yang diceritakan Syaikh di atas? Anda pasti akan tercengang mendengarnya. Ketika Imam Al-Qurthubi menukil sebuah hadits qudsi, “Allah berfirman,’….,” Lantas si pentahqiq mengatakan dalam catatan kaki, “Semoga Allah mengampuni Imam Al-Qurthubi karena kesalahan ini. Saya telah membuka Al-Quran dari awal hingga akhir namun aku tidak menjumpai ayat ini.”

Lihatlah! Bagaimana bodohnya pentahqiq itu. Dia memahami bahwa apa saja yang didahului dengan, “Allah berfirman,” mesti berasal dari Al-Quran. Padahal tidak demikian, boleh jadi dari hadits qudsi yang diriwayatkan Nabi Muhammad -shallallahu ‘alaihi wa sallam-.

Kataku, Jadi, memperhatikan cetakan kitab sangatlah penting. Apalagi ada beberapa penerbit yang sudah terkenal biasa mencuri karya ilmiah untuk kemudian diterbitkan tanpa seizin pemiliknya. Sudah begitu, kadang ada yang dikurangi, di lain kesempatan ditambah-tambahi, dan di saat yang sama dirobah-robah.

Semoga bermanfaat!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s